Rabu, 19 Juni 2013

LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah)

Syarat Peserta :
  1. Peserta merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Peserta merupakan mahasiswa/i S1 perguruan tinggi seluruh Indonesia dan wajib melampirkan fotokopi KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yang masih berlaku.
  3. Peserta merupakan mahasiswa/i yang berada di wilayah Republik Indonesia.
  4. Lomba ini merupakan lomba tim dimana 1 tim terdiri dari maksimal 3 orang peserta (perempuan, laki-laki, ataupun campuran perempuan dan laki-laki) dan minimal terdiri dari 2 orang.
  5. Peserta merupakan 1 tim yang terdiri dari 3 peserta yang sama pada  saat mengirimkan berkas.

Persyaratan Karya Tulis:
  1. Tema :
    •    Solusi Kreatif dalam Memajukan Pertanian Hortikultura Indonesia
    •   Analisis Ekonomi Pengaruh AFTA ( ASEAN Free Trade Area ) 2015 terhadap Pertanian Hortikultura Indonesia   
  1. Karya yang dikirim merupakan Karya Tulis Ilmiah Berbahasa Indonesia, asli, bukan saduran ataupun terjemahan dan belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apapun sebelumnya. Setiap tim hanya boleh mengirimkan satu Karya Tulis Ilmiah.
  2. LKTI tidak boleh mengandung penghinaan dan pelecehan terhadap SARA atau bahasa serta isi yang dapat menyinggung perasaan orang lain.
  3. Melampirkan formulir pendaftaran, fotocopy KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) dan cv masing-masing anggota tim.
  4. LKTI dalam bentuk softcopy dikirim via email ke agrifest13@gmail.com dengan subjek “Agribusiness National Competition 2013”. Karya tulis serta kelengkapan lainnya dalam bentuk hardcopy (sebanyak 2 rangkap, baik Karya Tulis ataupun kelengkapan lainnya) dikirim ke alamat panitia:
“Agribusiness Festival”
AGRINATION 2013
Sekretariat Himpunan Profesi Mahasiswa Peminat Agribisnis (HIPMA)
Jalan Kamper Wing 5 Level 4
Gedung Fakultas Pertanian (Ex-SOSEK)
Kampus IPB Darmaga Bogor 16680

  1. Peserta membayar uang pendaftaran sebesar Rp 50.000,00 bersamaan dengan pengiriman berkas lomba. Uang pendaftaran dapat dikirim melalui rekening panitia :
    • a.n Ridwan Umar Hanafi ( BCA ) No. rekening 3781671353
    • a.n Ahmad Gemilang Nasution ( BNI )No. rekening 0223919497
    • Gebby Aldepis ( Mandiri )No. rekening 900-00-0789951-2
  1. Peserta diharapkanmelakukan konfirmasi setelah membayar biaya pendaftaran dengan mengirimkan berkas sebagai berikut dalam bentuk hasil scan ke alamat email agrifest13@gmail.com
    • Bukti pembayaran uang pendaftaran
    • Pas foto 4x6 per anggota tim
  1. Setelah berkas dikirim, pihak peserta wajib mengonfirmasi ke panitia sesuai contact person yang telah dicantumkan.
  2. Peserta yang lolos hingga tahap final, wajib mengikuti presentasi dan tanya jawab dengan menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar.
  3. Karya Tulis yang telah dikirim sepenuhnya menjadi hak milik panitia.
  4. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Tidak ada surat menyurat ataupun komunikasi dengan panitia/juri selama proses penjurian ataupun mengenai hasil lomba.
  5. Peserta/Karya Tulis Ilmiah yang tidak memenuhi kriteria di atas dinyatakan gugur secara otomatis.
  6. Pengiriman berkas lomba selambat-lambatnya 31 Agustus 2013.
  7. Formulir pendaftaran dan info lomba lebih lanjut dapat dilihat di agrifest-ipb.blogspot.com


Mekanisme dan Kriteria Penilaian:
  1. Tahap Seleksi Karya Tulis
    • Kelengkapan Karya Tulis Ilmiah meliputi:
      1. Bagian Awal
        • Halaman Judul/Cover
          1. Judul
          2. Nama Penulis dan Tim
          3. Asal Perguruan Tinggi
          4. Logo Perguruan Tinggi
          5. Tahun Penulisan
        • Lembar Pengesahan
          1. Lembar pengesahan memuat judul, nama penulis dan nomor induk
          2. Lembar pengesahan ditandatangani oleh Dosen Pembimbing
          3. Lembar pengesahan ditandatangani oleh Kepala Departemen/Program Studi
        • Kata Pengantar
        • Daftar isi. Meliputi Daftar Gambar, Daftar Tabel, Daftar Lampiran dan lainnya jika diperlukan.
        • Abstrak. Sebanyak-banyaknya 1/2 (setengah) halaman kurang lebih 15 kalimat yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis, mulai dari pendahuluan, landasan teori yang mendukung, metode penulisan, pembahasan,kesimpulan, dan referensi/saran. Khusus bagian abstrak ditulis menggunakan 1 spasi.
      1. Bagian Inti
        • Pendahuluan
          1. Latar belakang. Alasan mengapa mengangkat masalah tersebut menjadi karya tulis dan penjelasan tentang makna penting serta bagian menarik dari masalah tersebut untuk ditelaah
          2.  Tujuan penulisan karya tulis.
          3. Manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan karya tulis.
        • Telaah Pustaka/ Tinjauan Pustaka
          1. Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji.
          2. Uraian mengenai pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji.
        • Metode Penulisan. Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat cara/prosedur pengumpulan data dan atau informasi, analisis-sismatis, mengambil simpulan, serta merumuskan saran atau rekomendasi.
        • Bagian Isi atau Pembahasan. Analisis permasalahan didasarkan pada data dan atau informasi serta Telaah Pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif.
        • Bagian Penutup
          1. Simpulan. Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan.
          2. Saran/referensi. Saran/referensi yang disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan dan adopsi ide yang diusulkan.
      1. Bagian Akhir
        • Daftar Pustaka
        • Lampiran-lampiran (jika diperlukan).
        • Daftar Riwayat Hidup peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat, dan tanggal lahir, alamat tempat tinggal, nomor telepon, riwayat pendidikan, karya-karya ilmiahyang pernah dibuat, penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih, serta dilampiri dengan pas foto warna terbaru ukuran 3x4 di pojok kanan atas halaman.
      2. Penulisan
        • Naskah ditulis maksimal 4500 kata (hanya bagian inti dari karya tulis saja).
        • Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg, dgn, dll, sbb.
      1. Pengetikan
        • Tata Letak
          1. Karya tulis diketik 1,5 spasi pada kertas berukuran A4, (font 12, Times New Roman Style).
          2. Batas pengetikan:
            • Samping kiri 4 cm.
            • Samping kanan 3 cm.
            • Batas atas dan bawah masing-masing 3 cm.
        • Penomoran Halaman
          1. Bagian awal yang meliputi halaman judul, lembar pengesahan, kata pengantar, daftar  isi dan abstrak memakai angka romawi kecil dan diketik sebelah tengah bawah (i, ii, dan seterusnya).
          2. Bagian inti karya tulis sampai dengan bagian penutup menggunakan angka yang lazimnya digunakan dan diketik di sebelah kanan bawah (1, 2, 3, dan seterusnya).
    • Kejelasan ide utama, fokus masalah dan argumentasi.
    • Keruntutan penyajian.
    • Keunikan dan seberapa meyakinkan Karya Tulis Ilmiah yang ditulis.
    • Ketepatan dalam pemilihan kata dan kalimat, termasuk tata bahasa.
    • Setiap Karya Tulis Ilmiah akan dinilai oleh semua juri

  1. Tahap Final Karya Tulis ( On Campus )
    • Sepuluh tim yang lolos akan mengkuti kegiatan Agrination (yang merupakan rangkaian kegiatan Agrifest) di kampus IPB Dramaga selama 2 hari pada tanggal 21-22 September 2013 yang terdiri dari putaran final LKTI (presentasi LKTI) dan seminar.
    • Sepuluh tim terbaik yang lolos diharuskan melakukan konfirmasi dan pendaftaran ulang untuk keperluan administrasi.
    • Peserta membayar uang verifikasi sebesar Rp 400.000,00 bersamaan dengan pengiriman berkas lomba. Uang verifikasi dapat dikirim melalui rekening panitia yang sama saat mendaftar pertama kali.
    • Peserta diharapkan melakukan konfirmasi setelah membayar biaya pendaftaran ulang dan mengirimkan berkas lomba dengan mengirimkan berkas sebagai berikut dalam bentuk hasil scan ke alamat email agrifest13@gmail.com: Bukti pembayaran uang pendaftaran dan Pas foto 4x6 per anggota tim.
    • Setelah berkas dikirim, peserta dapat mengonfirmasi ke panitia sesuai contact person yang telah dicantumkan.
    • Waktu presentasi: 15 menit dan Tanya Jawab: 10 menit.
    • Unsur penilaian meliputi: metode penyampaian saat presentasi dan pemahaman materi pada sesi tanya jawab.
    • Final di selenggarakan tanggal 22 September 2013 di Institut Pertanian Bogor

Peraturan Peserta LKTI (setelah lolos seleksi berkas) :
    • Setiap tim terdiri dari 3 orang mahasiswa
    • Lama waktu untuk presentasi adalah 25 menit, dengan rincian 15 menit untuk mempresentasikan LKTI, 7 menit untuk menanggapi pertanyaan juri dan 3 menit untuk menanggapi tanggapan dari peserta.
    • Tim akan dianggap WO apabila tidak hadir 10 menit setelah waktu giliran tampil.
    • Peserta yang tidak mengikuti technical meeting harus mengikuti keputusan panitia.
    • Peserta yang terlambat saat lomba akan mendapat pengurangan nilai.
    • Berhubungan dengan jadwal yang ketat, peserta diharapkan datang tepat waktu
Sistematika Perlombaan :
    1. Perlombaan terdiri dari 2 tahap yaitu tahap seleksi dan putaran final.
    2. Tahap seleksi merupakan tahap dimana peserta mengirimkan LKTI kepada panitia dan kemudian diseleksi hingga 10 besar.
    3. Sepuluh kelompok peserta terpilih dan telah lulus seleksi akan mengikuti putaran final di CCR untuk mempresentasikan LKTI masing-masing kelompok.
    4. Urutan presentasi ditentukan pada saat Technical Meeting. Kelompok yang tidak hadir atau tidak ada perwakilan maka urutan presesntasinya akan ditentukan oleh panitia.
    5. Sesi presentasi terdiri dari 25 menit untuk setiap kelompok.
    6. Terdiri dari 15 menit presentasi oleh peserta, 7 menit untuk sesi tanya jawab juri dan 3 sesi tanya jawab untuk audience.
    7. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada hari Minggu pada saat seminar puncak Agrifest tanggal 22 September 2013.
Nb:
(*) : Sedang dalam proses, biaya pendaftaran tahap dua dapat lebih murah atau lebih mahal.
(*) : Biaya verifikasi meliputi penginapan selama 2 malam, konsumsi (lima kali) dan transportasi (hanya saat acara berlangsung), dan tiket seminar.

Hadiah :
  • Juara 1 : Piagam Penghargaan + Sertifikat  Peserta + uang Tunai Rp 3.000.000,00
  • Juara 2 : Piagam Penghargaan + Sertifikat  Peserta + uang Tunai Rp 2.000.000,00
  • Juara 3 : Piagam Penghargaan + Sertifikat  Peserta + uang Tunai Rp 1.000.000,00


CP: Dina (0813 1766 2461) dan Umar (0857 8149 5376)

0 komentar:

Poskan Komentar